-->

Cara Mudah Belajar Codeigniter Untuk Pemula


Hello teman teman kali ini admin akan membuat tutorial tentang bagimana cara belajar programing khususnya untuk codeigniter seblum memulainya silakan download kelengkapannya
1. Codeigniter  http://www.codeigniter.com/downloads
2. xampp
Nahh kalau dah donload semua install dah xamppnya kemudian extract file codeigniternya simpan dalam polder xampp/htdocs.
Bagian terpenting yg harus dipahami dalam file codeinigter adalah:
1. /System/application/model
2. /System/application/controller
3. /System/application/view
Semua file yg terkait dengan wibsite atau applikasi harus ada di taruh dalam ketiga polder ini sesuai fungsinya masing2, 

Untuk mencoba apakah proses instalasi berhasil atau tidak silahkan akses URL http://localhost/latihan_ci/.  jika berhasil maka akan tampil welcome to codeigniter
iya latihan_ci adalah nama file codeinigter yg sudah kita rename disini saya memakai, nama "latihan_ci"

Langkah Selanjutnya adalah konfigurasi, codeigniter adalah salah satu framework yang minim konfigurasi. sekarang kita akan melakukan konfigurasi dasar codeigniter. silahkan buka file config.php yang ada pada  folder application/config dan setting sesuai dengan konfigurasi diabwah ini :

$config['base_url'] = 'http://localhost/latihan_ci/';
$config['index_page'] = '';
selanjutnya kita akan memberitahukan codeigniter library apa saja yang kita butuhkan selama proses development. konfigurasi ini terdapat pada file autoload.php yang ada folder application/config. silahkan ikuti setting berikut untuk keperluan belajar sekarang ini :
karna kita memanggil library database maka pastingan settingan konfigurasi databasenya sudah anda isikan dengan benar sesuai dengan settingan di web server. konfigurasi database pada framework codeigniter bisa anda temukan pada file database.php yang ada di dalam folder application/config.
Keterangan perhatikan tulisan yg berwarna merah itu adalah bagian yg harus di isikan seperti hostname , username, database, dbdriver untuk password kosongkan saja
Langkah selanjutnya adalah membuat database baru dengan nama latihan_ci dan isikan script berikut untuk membuat struktur tabel dan meng insert beberapa record yang dibutuhkan.

Bagian 2 – Mengenal Konsep MVC

MVC adalah singkatan dari model – view -controller , dimana aturan logika dan tampilan dipisah.
Model biasanya digunakan untuk hal hal yang bersifat interaksi dengan database. sedangkan view digunakan untuk menampilkan data kepada client dan controller menjadi penghubung antara model dan controller. cara kerja MVC:

Bagian 3 – Menampilkan Data Ke View

Pada bagian ini saya akan paparkan bagaimana cara nya manampilkan data di view, termasuk teknik passing data dari view ke controller.
Karna kita akan berinterkasi dengan databse maka langkah pertama kita lakukan adalah membuat model yang disimpan pada folder application/model, silahkan buat file baru dengan nama Model_barang.php lalu ketikkan script berikut :
Setelah selesai membuat model maka langkah selanjutnya kita akan membuat controller yang akan menghubungkan antara model dan view nantinya, file tersebut akan disimpan di dalam folder application/controller. buatlah sebuah controller baru dengan nama Barang.php  dan tulislah script berikut
Sekarang model dan controller selesai, langkah terakhir adalah membuat view atau tampilan yang akan ditampilkan kepada pengunjung, file view ini disimpan dalam folder application/view. lalu buatlah sebuah view dengan nama list_barang.php dan tulislah script berikut
sampai pada tahap ini, program kita akan mempunyai tampilan seperti ini :

Bagian 4-  Insert Data Ke Database

Pada bagian ini saya akan paparkan salah satu proses DML pada database , lebih spesifiknya proses meng insert data/ record ke database.
Untuk proses ini kita akan membutuhkan 2 function pada controller, function pertama kita beri nama input, tugasnya adalah untuk memanggil view form input barang.
function kedua akan kita beri nama input_simpan, tugasnya adalah menyimpan data yang di input oleh users, script lengkap untuk kedua function ini bisa anda lihat dibawah ini :
Kita akan lanjutkan membuat viewnya sekarang, buatlah sebuah view baru dengan nama input_barang.php dan simpan di dalam folder view, lalu ketikan script dibawah ini :
sampai pada proses ini maka tampilan dari aplikasi kita akan menjadi seperti ini

Bagian 5 – Update Data

Pada bagian ke 5 ini saya akan paparkan bagaimana proses meng retrive data dari database serta proses update yang dilakukan untuk mengubah record yang ada.
Cara kerja pada proses ini adalah users memlih barang mana yang ingin di edit, lalu muncul form yang didalahnya sudah ada data barang yang akan di edit sesuai dengan barang yang dipilih tadi.
Untuk meng implementasikan hal tersebut kita butuh 2 function lagi pada controller barang seperti pada proses input data, function yang pertama kita beri nama edit yang bertugas memanggil form edit dan menampilkan data barang yang di edit sesuai dengan barang yang dipilih
Function kedua kita beri nama edit_simpan, function ini bertugas menyimpan hasil perubahan data barang ke database. untuk script lengkapnya silahkan lihat dibawah ini :
Langkah yang terkahir pada proses ini adalah membuat view nya, buatlah sebuah file baru dengan nama edit_barang.php dan tulislah script berikut ini :
sampai pada tahap ini tampilan dari program kita akan jadi seperti ini :

Bagian 6 – Delete Data Dan Penutup

Pada bagian terakhir ini saya akan jelaskan bagaimana proses menghapus data dari database sekaligus menjadi penutup pada tutorial ini.
untuk menghapus data cukup dibutuhkan satu function pada controller, function tersebut kita beri nama delete. untuk scriptnya seperti dibawah ini :
Masih banyak lagi materi yang akan kita pelajari di lain kesempatan, jadi pantegin atau Subscribe  Blog  ini agar kamu dapat tutorial terbaru dari kami.








LihatTutupKomentar

3 Komentar

Cancel